Info Tentang Tubuh Ideal

Kamis, 19 Januari 2012

| | |
Seiring dengan berkembangnya zaman dan tekhnologi, semua orang di belahan dunia ini selalu menginginkan yang terbaik dalam hidup masing-masing.namun secara tidak sadar kita selalu terkontaminasi bahan-bahan kimia yang ada pada makanan, sehingga secara tidak langsung kita sering mengalami hal-hal yang tidak kita inginkan. Di dalam keseharian kita berbagai macam cara yang kita lakukan mulai dari mengamalkan makanan-makanan yang dapat membuat pinggang ramping, tapi nyatanya perut masih saja buncit. Maka timbul sebuah pertanyaan pada diri kita. Apa iya, lemak di memang sulit di hilangkan? Jangan langsung menyalahkan lemak di perut, karena ternyata ada sedikit kelengahan yang sifatnya umum yang sering dilupakan orang ketika menjalankan program diet. Kesalahan apa sajakah itu?

Pulang kerja, langsung nongkrong di depan TV. Ketika sampai sampai di rumah, kita langsung mengambil makanan dan menghabiskannya di depan TV. Sehingga tanpa di sadari, porsi yang seharusnya sedikit menjadi hampir sama dengan porsi makan siang.
Hasil dari penelitian yang dilakukan University of Oulu menyebutkan, orang yang melakukan kebiasaan semacam itu dengan sangat cepat menumpuk 10 persen lemak di perut. Bahkan 10 persen lemak yang bertambah itu, ditumpuk hanya dalam jangka waktu 2 jam. Sedangkan pada orang yang tidak menghabiskan makanan di depan televisi di malam hari atau yang melakukan olahraga ringan saat iklan televisi, berhasil melunturkan lemak perut.

Sulit menghindari makanan dari olahan tepung terigu. Mungkin akan sedikit sulit jika harus mengganti sarapan dengan menu lain. Terutama bagi kita yang selalu sarapan dengan roti.sederhana saja sebenarnya, yang perlu kita ubah hanyalah mengganti roti dari tepung terigu ke roti yang di buat dari gandum utuh. Dengan perubahan bahan baku ini, kita bisa mengurangi 85 gram lemak perut setiap harinya. Waoooo mudah bukan….?
American Journal of Clinical Nutrition telah mengumumkan hasil penelitian, orang yang mengonsumsi olahan gandum lebih sering akan dengan mudah memotong total kalori yang masuk ke dalam tubuhnya.

Stres yang berlebihan. Naiknya hormon kortisol dari rasa panik, cemas, takut, atau stres akan memberikan efek domino yang negatif pada tubuh, hal ini yang menyebabkan kita akan jadi lebih cepat lapar dan metabolisme tubuh bekerja lebih lambat. hasilnya, perut semakin buncit dan lingkar pinggang pun melebar. Lantas bagaimana sih cara membuang rasa stress itu? Mudah saja, dengan duduk yang tenang, tutup kedua mata, lalu tarik napas dalam-dalam secara perlahan. Setelah itu, hembuskan napas dari mulut kita dalam 8 hitungan. Terus lakukan sampai kita merasa rileks.

Makan diwaktu tengah malam. Pada saat kita mengalami susah tidur atau bergadang, biasanya rasa lapar akan datang ketika jam sudah menunjukkan lewat tengah malam. Tanpa harus berpikir panjang kita langsung saja ke dapur dan dan menyantapmakanan yang ada di lemari atau kulkas. Jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan, maka jangan heran jika perut idaman anda masih jauh dari yang di harapkan.Sebenarnya, bukan tidak boleh kita makan di malam hari, namu kita harus memilih makanan yang ‘aman’ bagi perut dan lingkar pinggang. Misalnya kacang almon, susu rendah lemak, atau yoghurt rendah lemak. Dimana hal ini akan membuat perut kita terasa kenyang lebih lama dan dapat terhinadar dari tumpukan lemak.

Perlu juga diingat, sebaiknya berhenti mengunyah kurang lebih 2 jam sebelum tidur, Setelah itu, matikan lampu dan tutuplah mata. “Tidur dan bangunlah di pagi hari dengan lebih bersemangat,” saran Janis Jibrin RD, pakar nutrisi dan juga penulis buku The Supermarket Diet. Lakukan sedikit perubahan dan mulai rasakan bagaimana tiba-tiba perubahan itu membuang tumpukan lemak pada perut kita.
(sumber : http://beritaunik75.blogspot.com/2011/03/v-behaviorurldefaultvml-o.html)

Untuk mendapatkan tubuh yang ideal, kita juga perlu dan harus memperhatikan asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh kita dan juga kita harus sering melakukan olahraga-olahraga. Berikut adalah info-infonya.
1.     1. Olahraga
Olahraga merupakan salah satu faktor agar tubuh menjadi ideal oleh karena itu, sebaikknya kita melakukan olahraga-olahraga yang telah tersedia disini
1.     2. Makanan
Selain itu, makanan masuk dalam tubuh kita pun harus di jaga, jangan asal  atau sembarangan. Kalau ingin mengerti apa saja sih makanan yang harus diperhatikan? klik aja disini ya, Ok !

Oh iya, ini adalah cara menghitung apakah kita termasuk dalam golongan orang-orang yang ideal atau tidak ya? Cara menghitungnya adalah dengan mengkuadratkan nilai tinggi badan (dalam satuan meter). Lalu nilai berat badan (dalam satuan kilogram) dibagi hasil kudrat dari tinggi badan tersebut. Kategori BMI adalah:
1. Nilai indeks massa tubuh kurang dari 19 tergolong ke dalam kelompok kurus.
2. Nilai 19-24,9 masuk ke dalam kelompok ideal.
3. Nilai antara 25-29,9 masuk kelompok kelebihan berat badan (gemuk).
4. Jika mencapai nilai 30 atau lebih maka orang tersebut masuk ke dalam kelompok obesitas.

Terimakasih teman-teman, sudah mau membaca sedikit informasi dari postingan saya, semoga bermanfaat ya.
Oleh    : Nur Windriyani (Uchida Akira Yuki)

0 komentar:

Poskan Komentar